waspada-penyakit-meningitis-kenali-penyebab-dan-gejalanya

Waspada Penyakit Meningitis, Kenali Penyebab Dan Gejalanya!

Bestprofit Banjarmasin - Ladies, beberapa waktu lalu artis Ashanty, istri Anang Hermansyah pernah sekali terbaring di rumah sakit karena menderita meningitis. Demikian juga dengan Olga Syahputra yang kini masih dirawat di Singapura dengan penyakit yang sama. Banyak juga korban meninggal akibat penyakit ini, jadi tidak salah jika Anda perlu waspada pada penyakit ini, seperti yang dilansir dari mayoclinic.org.

Meningitis adalah peradangan pada selaput (meninges) yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Pembengkakan memicu gejala seperti sakit kepala, demam, dan kaku leher. Sebagian besar kasus disebabkan oleh infeksi virus, tetapi infeksi yang disebabkan oleh bakteri dan jamur juga bisa menjadi pemicu meningitis. Tergantung pada penyebab infeksinya, meningitis bisa sembuh dengan sendirinya dalam beberapa minggu dan bisa juga menjadi parah mengancam jiwa pasien.

Gejala meningitis sering kali disalah artikan sebagai gejala flu, karena memang kemiripan gejala keduanya. Gejala meningitis bisa berkembang selama beberapa jam atau bahkan lebih dari satu hari. Beberapa gejala yang bisa Anda waspadai yaitu:

  • Demam tinggi mendadak
  • Sakit kepala berat yang berbeda dengan sakit kepala Anda biasanya
  • Kaku leher
  • Muntah atau mual yang disertai sakit kepala
  • Sulit berkonsentrasi
  • Kejang
  • Kantuk yang membuat sulit bangun
  • Sensitif terhadap cahaya
  • Nafsu makan menurun
  • Pada beberapa kasus ada pasien yang juga mengalami ruam kulit

Penyebab yang membuat seseorang beresiko terkena meningitis di antaranya:

Melewatkan vaksinasi ketika Anda masih kecil bisa menyebabkan resiko meningitis lebih tinggi

Tinggal di komunitas tertentu. Misalnya mahasiswa yang tinggal di asrama atau petugas militer yang tinggal di pangkalan juga memiliki resiko yang tinggi karena menyebarnya bakteri maupun virus melalui jalur pernapasan lebih cepat di dalam kelompok seperti ini.

Keadaan yang mempengaruhi sistem kekebalan tubuh, seperti mengkonsumsi alkohol, menderita diabetes, atau penggunaan obat-obatan imunosupresan juga membuat seseorang lebih rentan pada meningitis. Jika Anda pernah mengalami operasi pengangkatan limpa, resiko terserang meningitis sangat tinggi.

Jaga kesehatan tubuh dan perhatikan pola makan serta kebersihan di lingkungan sekitar Anda Ladies agar terhindar dari berbagai penyakit termasuk penyakit meningitis.

Sumber : www.vemale.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>